Rabu, 14 Januari 2015

Filled Under:

Makna dan Karakter Sebuah Warna



Hi sobat, setiap orang punya warna kesukaan dan favaorit masing-masing. Katanya sih warna itu punya makna tersendiri, setiap warna memiliki karakter berbeda-beda. Nah, ini dia makna warna-warna itu. Dalam dunia desain grafis khususnya peran warna sangat penting loh, karena warna menjadi salah satu unsur yang memberikan ruh pada hasil desain itu sendiri. Setiap negara memiliki makna atau arti yang berbeda-beda. Contohnya di Indonesia bendera berwarna kuning sebagai tanda duka sedangkan di Thailand warna kuning merupakan warna kerajaan. Namun arti warna ini berdasarkan lingkup yang unipersal eh universal.

Warna Merah

Warna yang paling emosional dan cenderung ekstream. Menyimbolkan agretivitas, keberanian, semangat, percaya diri, gairah, kekuatan dan vitalitas.

Warna Pink

Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut dan menenangkan, cinta dan kasih sayang, feminim.

Warna Biru

Tidak bisa lepas dari elemen langit, air, dan udara, berasosiasi dengan alam melambangkan keharmonisan, memberi kesan lapang, kesetiaan, ketenangan, sensitif, kepercayaan.

Warna Kuning

Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, warna ini menyimbolkan persahabatan, optimisme, senatai, gembira, harapan, toleran, menonjol, eksentrik.

Warna Hijau

Hijau melambangkan alam, kehidupan, dan simbol fertilitas, sehat, natural.

Warna Orange

Warna yang melambangkan sosialisasi, keceriaan, kehangatan, segar, bersemangat, keseimbangan dan energi.

Warna Ungu

Memberi kesan spiritual yang magis, mistis, misterius dan mampu menarik perhatian, kekayaan dan kebangsawanan.

Warna Cokelat

Merupakan warna netral yang natural, hangat, membumi, dan stabil menghadirkan kenyamanan, memberi kesan anggun, kesejahteraan dan elegan.

Warna Abu-abu

Warna ini melambangkan kesederhanaan, intelek, futuristik, milenium.

Warna Hitam

Warna ini adalah warna yang kuat penuh percaya diri, penuh perlindungan, maskulinm elegan, dramatis, dan misterius.


Itulah makna warna secara universal, setiap orang pasti punya representasi tersendiri tentang warna. Karena warna memberikan perbedaan dan perbedaan itu indah. Bayangkan aja sok kalau pelangi gak warna-warni atau warnanya merah semua, hiii serem atuh.

Pustaka : Desain Komunikasi Visual untuk Pemula, Pengarang, Tahun

0 komentar:

Posting Komentar