Rabu, 01 Oktober 2014

Filled Under:

Jika Kabupaten Garut Selatan Terbentuk



Sudah sejak lama wacana pemekaran Kabupaten Garut Selatan (Garsel) bergulir di masyarakat Garut bahkan Indonesia. Wilayah Kabupaten Garut sebagai wilayah utama  rencananya akan dimekarkan menjadi dua yakni Kabupaten Garut sebagai kabupaten induk dan Kabupaten Garut Selatan sebagai hasil pemekaran. Wilayah yang akan masuk ke dalam Kabupaten pemekaran Garut Selatan yaitu : Kecamatan Banjarwangi, Bungbulang, Caringin, Cibalong, Cihurip, Cikajang, Cikelet, Cisewu, Cisompet, Mekarmukti, Pameungpeuk, Pakenjeng, Pamulihan, Peundeuy Singajaya, dan Talegong.

Kecamatan lainnya tetap tergabung di Kabupaten Garut. Rencana Ibu Kota Kabupaten Garut selatan berada di kecamatan Mekarmukti. Jika pemekaran Garut Selatan terwujud maka 2/3 wilayah Kabupaten Garut akan terlepas. Wilayah Kabupten Garut dari Utara hinga Selatan menyimpan beragam potensi dan kekayaan alam. Dari Gunung hingga Lautan. Dari Barat hingga ke Timur. Dengan luas 3.065,19 km2. Kabupaten Garut sendiri sudah berusia 201 tahun (1813-2014) dan telah melewati berbagai masa pembangunan hingga saat ini.

Garut terkenal akan dodolnya, domba Garut, batu mulia bungbulang, leuweung sancang, pantainya, pegunungannya dan kearifan masyarakatnya yang “someah hade ka semah”. Ini menjadikan Garut sangat identik dan berkarakter. Garut sohor ka mancanagara. Demikian juga dengan berbagai julukan seperti Garut Swiss van Java, dan Garut Gurilaps julukan untuk wisata Garut. Gurilaps artinya sesuatu yang berkilau dan menarik. Gurilaps sendiri menjadi ikon wisata Garut dari daerah lain di Jawa Barat. Gurilaps artinya singkatan dari wisata Gunung, Rimba, Laut dan Pantai, Seni dan Budaya. Karena hanya ada di Garut berbagai tempat wisata yang lengkap, mulai dari buatan hingga wisata alami. Disuguhkan untaian keindahan alam Tatar Parahyangan yang memikat hati.


Meski jika nanti benar-benar terwujud DOB Kabupaten Garut Selatan maka hanya secara administratif saja terpisah namun tetap dalam satu rasa, Garut Pangirutan !.

0 komentar:

Posting Komentar